7 Tips Memilih Jasa Pembuatan Website yang Tepat

Memilih jasa pembuatan website bukanlah hal yang sepele. Anda tidak boleh asal-asalan dalam mencari dan menggunakan jasanya.

Sebab website Anda harus dibuat secara profesional dan optimal dari segi desain dan fungsi.

Jika salah, maka bisa saja website yang mereka buat malah tampil buruk dan tidak proporsional.

Untuk mencegah hal itu terjadi, silakan Anda ikuti beberapa tips dalam memilih jasa pembuatan website berikut ini.

Kenali Profil Penyedia Pembuat Website

Tips memilih jasa pembuatan website pertama yang harus Anda pertimbangkkan adalah dengan memahami profil penyedia jasa pembuatan website itu sendiri.

Pastikan Anda melakukan riset menyeluruh tentang perusahaan, mulai dari informasi kontaknya, alamatnya, hingga legalitasnya (umumnya memakai nama PT atau CV).

Anda akan merasa lebih percaya, aman, dan tenang dengan mengenali si penyedia layanan pembuatan website tersebut.

Selain itu, Anda juga dapat memeriksa testimoni dan review (ulasan) dari klien-klien yang sebelumnya pernah menggunakan jasa mereka, apakah itu bagus, kurang bagus, atau tidak.

Penyedia jasa pembuatan website yang transparan dan memiliki reputasi yang baik biasanya memberikan informasi secara lengkap dan akurat di website mereka.

Baca juga: Mengenal Apa itu Jasa Pembuatan Website dan Benefitnya

Cek Legalitasnya

Salah satu aspek krusial yang tidak boleh diabaikan adalah legalitas dari penyedia jasa pembuatan website.

Legalitas ini memastikan bahwa mereka beroperasi dengan standar profesional dan bertanggungjawab.

Legalitas memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan, serta melindungi Anda dari masalah hukum di kemudian hari.

Oleh karena itu, pastikan perusahaan yang Anda pilih memiliki izin operasi yang sah dan mematuhi peraturan hukum yang berlaku.

Cek Portofolionya

Portofolio adalah bukti bahwa mereka pernah mengerjakan proyek pembuatan website. Oleh karena itu, pastikan Anda mengecek portfolio website yang telah mereka kerjakan, terutama jika ada website yang mirip atau satu industri dengan perusahaan Anda.

Jangan lupa untuk memerhatikan detail seperti tampilan desain dan fungsionalitas dari setiap website yang telah mereka kerjakan.

Baca juga: Beragam Manfaat Website bagi Perusahaan Anda

Cek Harga yang Ditawarkan

Yang tak kalah penting adalah mempelajari harga jasa pembuatan website yang mereka tawarkan, karena hal ini berkaitan langsung dengan anggaran perusahaan Anda.

Cobalah untuk membandingkan harga dengan layanan yang ditawarkan untuk menemukan biaya yang lebih ringan, tapi jangan kesampingkan kualitas ya!

Diskusikan rincian biaya secara transparan, termasuk biaya tambahan yang mungkin muncul selama proses pengembangan website Anda.

Tanyakan Garansi

Anda khawatir website Anda tidak sesuai dengan harapan dan kebutuhan Anda? Jangan khawatir, tanyakan garansi kepada mereka.

Garansi memberikan perlindungan tambahan terhadap hasil kerja penyedia jasa pengembang website Pastikan mereka menawarkan garansi yang mencakup dukungan teknis, pembaruan, hingga revisi.

Tidak lupa juga untuk mendiskusikan jangka waktu dan cakupan garansi agar Anda merasa benar-benar terjamin keamanan dan kenyamanannya.

Pelajari Spesifikasi Hosting yang Ditawarkan

Tips memilih jasa pembuatan website yang selanjutnya adalah pelajari spesifikasi server hosting yang mereka tawarkan.

Hosting adalah rumah dari aset-aset website Anda dan hosting yang baik adalah hal yang mendasar dari sebuah website yang cepat dan aman.

Hal-hal yang harus Anda cek antara lain:

  • Rata-rata uptime.
  • Kecepatan server.
  • Jenis web server.
  • Kapasitas penyimpanan.
  • Bandwidth.
  • Hingga fitur keamanan.

Pastikan penyedia jasa dapat memenuhi kebutuhan hosting sesuai skala dan tujuan website perusahaan Anda.

Baca juga: Tips Memilih Nama Domain yang Bagus untuk Website Bisnis

Pelajari Apa Saja Fitur yang akan Mereka Berikan

Setiap website memerlukan fitur tertentu untuk memenuhi kebutuhan audiens dan targetnya.

Pelajari fitur-fitur apa saja yang ditawarkan, contohnya seperti Content Management System (CMS) (Sistem Manajemen Konten), fitur transaksi di dalam website, hingga fitur live chat.

Komunikasikan segala kebutuhan website Anda secara menyeluruh agar penyedia layanan website dapat memberikan solusi terbaik dan tepat.

Agar tidak lupa, Anda bisa mem-bookmark halaman ini, atau bisa unduh infografik tips memilih layanan pembuatan website berikut:

infografik tips memilih jasa pembuatan website yang profesional

Demikianlah artikel mengenai cara memilih jasa pembuatan website ini. Apabila ada pertanyaan atau ingin menambahkan, silakan tuliskan pesan Anda di kolom komentar, atau jika Anda ingin membuat website yang profesional secara tampilan dan fungsi, silakan kunjungi halaman jasa pembuatan website ini.

Tinggalkan komentar